Beranda | Artikel
Aqidah Ahlussunnah terhadap Al-Quran - Bagian ke-3 - Kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)
Jumat, 17 April 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Pengajian Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Ringkasan Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث

Aqidah Ahlussunnah terhadap Al-Qur’an (Bagian ke-3)

Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah mengometari tentang perkataan Imam Ahmad yang dinukil oleh Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahumallah, beliau berkata:

“Dan apa yang dinukil oleh Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari dari Imam Ahmad, bahwa orang yang mengatakan “ucapanku dengan Al-Qur’an adalah makhluk” itu adalah Jahmiyah. Imam Ahmad mengatakan demikian karena Jahm bin Shafwan dan para pengikutnya dengan jelas mengatakan bahwa Al-Qur’an itu makhluk. Dan orang-orang yang mengatakan “billafdzii” yaitu ucapan saya dengan (bacaan) Al-Qur’an adalah makhluk, mereka menjadikan hal itu sebagai batu loncatan untuk mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk. Mereka (orang-orang Jahmiyah) takut terhadap ahlussunnah di zaman tersebut bila mereka berterus terang dengan menyatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk. Maka dari itu mereka mengatakan ucapan tersebut (yaitu ucapan lafdzii bil quran makhluk). Mereka menginginkan bahwa Al-Qur’an tersebut dengan “ucapan kami” adalah makhluk. Maka dari itu Imam Ahmad memvonis mereka dengan Jahmiyah.”

Bagaimana penjelasan dari pembahasan ini? Silakan simak penjelasan Ustadz Muhammad Nur Ihsan di dalam rekaman pengajian yang penting ini. Download pengajian tersebut dan simak pula tanya jawab seputar aqidah yang dijawab langsung oleh pemateri.

Dengarkan dan Download Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13000-aqidah-ahlussunnah-terhadap-al-quran-bagian-ke-3-kitab-aqidah-as-salaf-ashabul-hadits-ustadz-dr-muhammad-nur-ihsan-ma